home
my seiman
bulletin
web forum
discover
bible info
ss cq
renungan
milis
online bible
uji anda
proyek
linkaran advent
album foto
about
staff only

active topics (0)
new articles (0)
private messages
my bookmarks
site statistics
pm pager
member benefits
members
search
register

Username:
Password:
Save Password

Lupa password?

registered members: 1626
active users:
0 members
7 guests
Edisi terkini | Edisi Lampau | Editorial
Bulletin 12/1/2004

Buletin SEIMAN = 1 Desember 2004

Buletin SEIMAN tampil dengan format baru. Silahkan kirimkan berita dan ide anda kepada redaksi agar dapat dimuat di media ini.


Pergantian Pelayanan SEIMAN

Berikut ini pengumuman dari Pdt. Jonathan Kuntaraf sehubungan dengan perubahan pelayanan SEIMAN.

Pelayanan Collegiate Quarterly dan Daily Dial Bread tetap berjalan dengan koordinasi dari Daniel Saputra dan Danny Handoko. Sementara system akan dihandle oleh Irwin dan Arnold. Bulletin SEIMAN akan ditangani oleh Osvald Taroreh sebagai General Editor dibantu oleh Melvin Simatupang dan Joriko Sihombing sebagai staf Bulletin SEIMAN. Waktu penerbitan Buletin SEIMAN tetap pada setiap tanggal 1 dan 15 setiap bulan.

Forum Diskusi SEIMAN akan ditangani oleh Franklin Tambunan. Beliau akan dibantu oleh para moderator diskusi seperti Yoshen Danun, Bernard Sagala serta Jonathan Prasetyo. Kita harapkan banyak input yang baik dihasilkan dari FD SEIMAN sebagaimana yang terdahulu. Kami juga berterima-kasih pada bapak P.A. Siboro yang menjadi General Coordinator SEIMAN. Tugas beliau adalah untuk memastikan bahwa semua bidang pelayanan SEIMAN berjalan dengan baik. Dan memajukan semua pelayanan SEIMAN yang sudah ada sekarang ini.

Salam SEIMAN,

Jonathan Kuntaraf

Discover Bible Study

Laporan dari staf Discover Bible Study, Agustina Lurekke dari Balikpapan bahwa sekarang ini beliau sementara melayani beberapa pelajar yang sedang mempelajari bahan tersebut. Mereka di antaranya adalah Gladys (pelajaran 23), Shinta (2) dan Binggol (2). Kita doakan agar proyek SEIMAN dalam melayani pelajaran pendalaman Alkitab lewat Discover Bible Study dapat membuahkan hasil dengan datangnya jiwa-jiwa kepada Tuhan.


Forum Diskusi SEIMAN

Oyster Sauce (Saos Tiram) Dalam Makanan Kita

Saya ingin menyampaikan informasi penting yang perlu anggota MAHK ketahui tentang makanan yang sering kita makan, tetapi dilarang oleh keyakinan kita. Untuk beberapa waktu lamanya saya mencoba mencari tahu akan kebenaran kandungan atau isi dari bumbu masak oyster sauce atau saus tiram. Akhirnya saya dapati bahwa bumbuh masak ini tidak boleh dipakai dan digunakan oleh MAHK. Pada bumbu masak oyster sauce atau saus tiram ini terdapat bahan baku dari ekstrak tiram. Dan isi dari ekstrak tiram adalah kerang atau kerang yang sudah agak membusuk agar lebih sedap rasanya. Jadi yang bisa kita gunakan adalah saus tiram vegeratian. Mungkin sudah ada yang mengetahui akan hal ini, tapi masih banyak anggota MAHK menggunakan bumbuh masakan ini. Ketegasan akan kandungan atau isi dari bumbu masak saus tiram berasal dari kerang saya dapat dari Cholid Effendi. Beliau adalah Ketua Profesional Chef Indonesia. Cholid Effendi sudah lama menjadi koki di hotel-hotel berbintang dalam dan luar negeri. Nah sekarang apa makanan yang selalu menggunakan saus tiram? Nasi goreng dan mie goreng adalah masakan yang selalu menggunakan bahan baku ini. Jadi ini bahan dasar untuk memasak mie dan nasi goreng. Kecuali restoran Jawa tidak menggunakan bahan bumbu ini. Restoran-restoran terkenal (tidak perlu saya sebutkan) pasti menggunakan bumbuh saos tiram dan kalau tidak pasti rasanya tidak enak. Ini yang ditegaskan oleh Cholid Effendi. Bisa jadi kita katakan bahwa nanti pesan sama pelayan untuk tidak menggunakan saus tiram? Tapi bagaimana kita bisa tahu kalau benar tidak menggunakan bumbuh masakan ini, karena tidak kelihatan dan hanya bisa dirasakan. Dan rata-rata (99 %) restoran menggunakan SOUS TIRAM (kerang) bukan vegetarian. Jadi saus tiram ini merupakan alat jerat Setan untuk kita langgar karena enak rasanya. Pelajaran Sekolah Sabat lalu yang menyinggung masalah kekudusan, bahwa kita umat MAHK harus menjaga kekudusan itu. Saya secara pribadi berterima kasih kepada A. Silaen yang mendorong saya untuk mencari informasi yang jelas tentang kandungan dari saus tiram ini. Dan selama ini saya juga menggunakan bumbu masak ini. Mudah-mudahan informasi ini menjadi pertimbangan kira semua. Tuhan memberkati kita. Stanley Walean - Jemaat Getsemane, Cikarang

Teman-teman semua, namanya juga "oyster", tentu tidak boleh dimakan, tapi jangan kuatir, Tuhan sudah menyediakan pengganti berupa vegetarian oyster sauce yang terbuat dari mushroom (jamur) yang boleh kami makan. Joy Ramley

Bukan hanya ini yang harus diwaspadai. Cukup banyak yang mengandung makanan haram. Misalnya mie instant rasa udang, saos tiram dan lain-lain. Jadi hati-hatilah membeli. Yoshen Danun - Jaka Sampurna


Berita SEIMAN

Pelayanan BWA Jemaat Agape Balikpapan ke Lembaga Pemasyarakatan

Setiap bulan pada Sabat ke empat BWA jemaat Agape Balikpapan mengadakan acara kebaktian di lembaga pemasyarakatan Balikpapan. Acara dimulai pada Pukul 15.00 berahkir pukul 16.00. Ada 31 penghuni lembaga pemasyarakatan yang kami layani melalui kebaktian tersebut.

Pada tanggal 27 November acara dipimpin oleh Sister Lora Miramangngi, doa buka oleh Agustina Wilar. Renungan, doa syafaat dan doa berkat oleh Pdt. John Umbora, Direktur Pemuda Daerah Kalimantan Kawasan Timur. Lagu pujian oleh penghuni Lembaga Pemasyarakatan berjudul "Menabur Benih dan Male Voice Agape pimpinan Jimmy Tampubolon dengan judul "Terang dari Surga". Kunjungan ini dikoordinir oleh Sister Jenny Tampubolon sebagai ketua BWA Jemaat Agape dan melibatkan seluruh anggota Jemaat Agape.

Judul khotbah Pdt. John Umbora adalah "Hidup Yang Penuh Pengharapan" dengan mengutip Yermia 29:11, 12; Ratapan 3:1, 22; Yermia 31:3. Inti hotbah adalah "Allah memiliki rancangan damai sejahtera untuk kita. Kita dicintai oleh Yesus Dengan Cinta Yang Ajaib. Allah mengasihi engkau dengan kasih yang kekal"


Info Kesehatan Makan Terlalu Banyak

Artikel dikirim oleh P.A. Siboro

Hentikan kebiasaan ini sebagai salah satu cara untuk mencegah timbulnya kanker. Menurut American Cancer Society (ACS), membentuk kebiasaan makan yang baik dapat mengurangi risiko mati karena kanker sama seperti berhenti merokok. Kanker yang bisa timbul karena kebiasaan makan terlalu banyak antara lain: kanker payudara, paru-paru, kerongkongan, lambung, rahim dan kemungkinan juga kanker prostat dan pankreas.

Itulah sebabnya penuntun ACS yang baru menganjurkan agar dilakukan yang berikut: (a) Makanlah sebagian besar makanan dari tumbuh-tumbuhan (buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian) dan batasilah atau hentikan sama sekali daging merah, kembang gula, roti putih dan padi-padian yang sudah sangat dimurnikan. (b) Bergerak badanlah paling sedikit 30 - 45 menit setiap hari. Mereka yang bekerja di highrise building, yang biasanya naik turun dengan menggunakan lift, boleh coba sekali-sekali naik tangga. (c) Jagaal agar berat badan tidak melebihi normal. Yang terakhir ini biasanya jauh lebih mudah membaca dari pada melakukannya. Tetapi bagaimanapun juga, kelebihan berat badan adalah pertanda kelebihan makan.

Makanan siap saji biasanya paling cepat menaikkan berat badan. Tetapi engkau bisa menjaga berat badanmu, kata Dr. Marion Nestle, pimpinan bersama dari komite yang menulis penuntun. Apa yang perlu, kata beliau, adalah perubahan pola pikir. "Perlu menyadari bahwa engkau sedang hidup dalam dunia yang bujukannya untuk makan terlalu banyak terus-menerus menggoda, sesuatu yang tidak pernah terjadi pada manusia sebelumnya," kata Dr. Nestle, yang juga mengepalai departemen nutrisi di Universitas New York. "Dalam lingkungan yang penuh racun polusi ini engkau perlu makan dengan menahan diri."

Berikut diberikan strategi dasar untuk makan dengan menahan diri: (1). Makan hanya waktu jam makan saja. (2). Tentukan apa yang akan engkau makan sebelum pergi ke restoran. (3) Jika jatuh dalam penggodaan makan terlalu banyak, lewatkanlah makan berikut. Persentase kematian dari kanker yang disebabkan oleh: Kegemukan/makanan yang buruk -- 30%, Rokok -- 30% dan Riwayat kanker keluarga -- 5%. -- Sumber: American Cancer Society, 2002.


PENGUMUMAN

Pameran Kesehatan RSA Penang di Sahid Hotel, Jakarta

Rumah Sakit Advent (RSA) Penang, Malaysia mengundang seluruh anggota untuk membawa keluarga, tamu, maupun sahabat, untuk mengunjungi pameran kesehatan RSA Penang yang akan diadakan di Hotel Sahid Jaya Auditorium Puri Agung, Jl. Sudirman, Jakarta. Acara ini akan diselenggarakan pada 16 - 17 Desember 2004 mulai 08:00 pagi hingga jam 17:00 WIB. Menurut Adam Tarihoran, Bendahara RSA Penang yang menginformasikan pengumuman ini, brosur dan informasi lengkap mengenai pelayanan di RSA Penang akan dapat diperoleh dalam acara pameran ini. Hubungi beliau di 021 475 4947 atau 0811 922 736.


Berita Anda dimuat di Buletin SEIMAN?

Buletin SEIMAN akan terbit setiap bulan pada tanggal 1 dan 15. Silahkan kirim berita anda untuk dimuat di bulletin SEIMAN dengan mengirimkan email ke redaksi.

Baca versi online bulletin ini di SEIMAN Online.
 

Set as your default homepage Add favorite Privacy Report Bugs 1998-2007 SEIMAN.org All Rights Reserved. MaxWebPortal Snitz Forums Go To Top Of Page