home
my seiman
bulletin
web forum
discover
bible info
ss cq
renungan
milis
online bible
uji anda
proyek
linkaran advent
album foto
about
staff only

active topics (0)
new articles (0)
private messages
my bookmarks
site statistics
pm pager
member benefits
members
search
register

Username:
Password:
Save Password

Lupa password?

registered members: 1626
active users:
0 members
15 guests
Renungan Hari Ini | Renungan Lampau | Para Penerjemah
Renungan Tanggal 8/22/2002

Salam dalam Kasih Kristus,

Satu drama yang besar akan dimainkan di panggung tepat sebelum kedatangan Yesus kembali. Kisah Elia di Gunung Karmel lengkap dengan nabi-nabi Baal di Kidron - semuanya 450 orang. Kata-kata yang paling terakhir dari Perjanjian Lama mengatakannya: "Sesungguhnya Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari TUHAN yang besar dan dahsyat itu" (Mal 4:5).
Para ahli Taurat dan orang-orang Farisi karenanya secara lumrah mengharapkan bahwa orang tua yang keras ini dengan jubah putih dan jenggot panjang harus datang sebelum Mesias muncul. Jadi ketika Yesus muncul di tidak mungkin adalah Mesias. Belum ada "Elia" sebelumnya. Kasus ditutup.
Inilah di mana Tuhan kelihatannya memiliki rasa humor yang sangat besar. Saya berkata "kelihatannya memiliki," karena tentu saja itu bukanlah suatu gurauan yang dimainkan olehnya kepada bangsa Yahudi. Bapa kita di sorga tidak suka membodohi siapapun, apalagi umat perjanjian-Nya. Tetapi pikirkanlah tentang Mesias yang mengagumkan itu dilahirkan di satu kandang bersama-sama dengan sapi dan kambing dan ayam, di Betlehem! Orang-orang Yahudi tidur sepanjang malam Kelahiran terbesar sepanjang zaman. Sesungguhnyalah, Tuhan telah mengejutkan mereka.
Demikian pula, kemunculan yang agung dari "Nabi Elia" sama sekali terlewatkan oleh mereka. semua telah terjadi sebelum mereka mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Pekabaran Yohanes Pembatis adalah "Elia" itu! Nubuatan Maleakhi telah digenapi di depan mata mereka sementara mereka sedang melihat ke arah yang lain. Betapa bodohkah umat Allah dapat menjadi?
Bahkan murid-murid Yesus bertanya pada-Nya, "mengapa ahli-ahli Taurat berkata bahwa Elia harus datang dahulu?" Jawaban-Nya menunjukkan kelengahan mereka, "Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, … Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis." Itulah PEKABARANnya! (Mat 17:13). Dapatkah sesuatu yang luar biasa terjadi sementara "kita" yang luar biasa bijak tidak tahu apa yang sedang terjadi? Inilah waktunya untuk merendahkan hati! Waktu bagi mata yang buram untuk mendapatkan "obat pelumas mata." "Elia HARUS datang"!

Dari Dial Daily Bread 18 Agustus 2002
Oleh Robert J. Wieland
Diterjemahkan oleh Danny Handoko


 

Set as your default homepage Add favorite Privacy Report Bugs 1998-2007 SEIMAN.org All Rights Reserved. MaxWebPortal Snitz Forums Go To Top Of Page