home
my seiman
bulletin
web forum
discover
bible info
ss cq
renungan
milis
online bible
uji anda
proyek
linkaran advent
album foto
about
staff only

active topics (0)
new articles (0)
private messages
my bookmarks
site statistics
pm pager
member benefits
members
search
register

Username:
Password:
Save Password

Lupa password?

registered members: 1626
active users:
0 members
13 guests
Renungan Hari Ini | Renungan Lampau | Para Penerjemah
Renungan Tanggal 4/30/2003

Salam dalam Kasih Kristus,

Para orang tua terus menerus bertanya, "Di mana kita dapat menemukan buku-buku yang baik atau cerita-cerita untuk dibacakan bagi anak-anak kami? cerita-cerita yang akan menolong mereka memahami kebenaran Injil tanpa dibingungkan oleh legalisme yang tercampur di dalamnya?"

Mungkin ada banyak judul yang memenuhi syarat, tetapi kami tidak dapat mencoba menyaring dari ratusan yang tersedia. Duduklah sesaat (sebelum Anda jatuh pingsan) sementara kami menyarankan dua judul yang kami pikir akan memenuhi syarat (Anda mungkin akan terperanjat):
(a) Kitab Suci - seperti diterjemahkan dalam Good News Bible Version (Alkitab Kabar Baik) (Ya, jawaban yang begitu sederhana!) Secara keseluruhan versi ini dapat dipercaya, sesuai dengan bahasa Ibrani dan Yunani aslinya (tidak ada terjemahan, termasuk KJV yang total sempurna). Di sana adalah bahasa yang sering dapat dipahami anak-anak.
(b) Kitab Suci-THE MESSAGE, terjemahan dari seorang pendeta, Eugene Peterson. Secara keseluruhan terjemahannya sesuai dengan bahasa aslinya, walaupun di sana "pekabaran" itu diletakkan dalam kata-kata modern yang menarik perhatian. Sekali lagi, dia tidak sepenuhnya sempurna. Seorang orang tua Kristen harus selalu menggunakan akal sehat dalam membaca bagi anak-anaknya.
Jauh lebih baik lagi gunakanlah versi yang menarik perhatian mereka daripada terjemahan yang membuat mereka bosan yang akan selamanya membuat mereka berprasangka terhadap bacaan Alkitab. Tentu saja, bila Anda adalah seorang pembawa cerita yang ahli Anda dapat menggunakan KJV dan membuatnya hidup, dan kemudian maju terus.
Apa yang penting adalah bagi Anda untuk pertama-tama jatuh cinta dengan kisah Alkitab itu sendiri. Bila anak-anak Anda dapat membaca, biarlah dia membaca satu ayat kemudian Anda membaca ayat selanjutnya, tetapi majulah perlahan-lahan sementara pikiran menjadi terang. Anda akan terkejut bagaimana Alkitab bagi anak-anak Anda menjadi cerita yang terus menerus mengasyikkan. Membacakan cerita Yusuf, contohnya, dapat memakan satu lusin episode! Dan anak-anak Anda tidak akan bisa bersabar menantikan kelanjutannya!
Banyak yang tergantung pada Anda: Anda dapat "menghidupkan" kisah itu; menggambarkan diri Anda sebagai Yusuf, lebih baik lagi, bantulah anak Anda membayangkan dirinya sendiri sebagai Yusuf. Tidaklah salah untuk membuat kisah itu "hidup." (sebagian orang menyebutnya "imajinasi yang disucikan.") Roh Kudus sendiri membuat cerita-cerita Alkitab menjadi hidup. Anda tidak memerlukan video atau film, atau bahkan buku cerita bergambar. Anak-anak melupakan video dan sejenisnya, tetapi mereka tidak pernah melupakan "gambar" yang hidup yang dilukis oleh Roh Kudus di dalam pikiran mereka dari membaca atau hanya mendengarkan Firman yang kudus.

Dari Dial Daily Bread 16 April 2003
Oleh Robert J. Wieland
Diterjemahkan oleh Danny Handoko


 

Set as your default homepage Add favorite Privacy Report Bugs 1998-2007 SEIMAN.org All Rights Reserved. MaxWebPortal Snitz Forums Go To Top Of Page