home
my seiman
bulletin
web forum
discover
bible info
ss cq
renungan
milis
online bible
uji anda
proyek
linkaran advent
album foto
about
staff only

active topics (0)
new articles (0)
private messages
my bookmarks
site statistics
pm pager
member benefits
members
search
register

Username:
Password:
Save Password

Lupa password?

registered members: 1626
active users:
0 members
8 guests
Renungan Hari Ini | Renungan Lampau | Para Penerjemah
Renungan Tanggal 5/1/2003

Salam dalam Kasih Kristus,

Buku Roma memberitakan Kabar yang teramat sangat Baik sehingga kita manusia hampir tidak bisa menerimanya. Bahkan para ahli teologi tersandung karenanya, seperti para tukang bangunan tersandung pada batu besar yang akhirnya menjadi batu penjuru Kaabah Salomo (Mat 21:42; Maz 118:22). Masalahnya adalah apa yang Paulus katakan: Kristus menjadi Adam yang "terakhir" atau yang kedua, membalikkan penghukuman yang dibawa oleh Adam yang pertama kepada seluruh umat manusia. Untuk "semua manusia" Dia mengubah penghukuman Adam menjadi pembenaran, atau pernyataan tidak bersalah secara hukum. "Kabar itu terlalu Baik untuk diterima sebagai kebenaran," sebagian penentangnya berkata.

Baiklah, inilah yang dikatakan oleh Paulus:
"pemberian Allah jauh lebih besar kalau dibandingkan dengan pelanggaran yang dibuat oleh Adam. Pelanggaran satu orang menyebabkan banyak orang mati [Yunani, semua]. Betapa lebih besar lagi akibat dari rahmat Allah dan hadiah keselamatan yang diberikan-Nya kepada begitu banyak [Yunani, semua] orang, melalui kebaikan hati satu orang, yaitu Yesus Kristus. Hadiah Allah juga jauh lebih besar daripada dosa orang yang satu itu. Sebab sesudah satu orang melakukan pelanggaran, keluarlah vonis, "Bersalah". Tetapi sesudah banyak orang berbuat dosa datanglah hadiah dari Allah yang menyatakan, "Tidak bersalah". …pelanggaran satu orang mengakibatkan seluruh umat manusia dihukum, begitu juga perbuatan satu orang yang mengikuti kehendak Allah, mengakibatkan semua orang dibebaskan dari kesalahan dan diberi hidup" (5:15-18, BIS). KJV mengatakan, "karunia yang cuma-cuma itu datang kepada semua orang untuk pembenaran hidup."
Seseorang bertanya, "Kita memerlukan 'pembenaran oleh iman,' tetapi tidakkah ini 'pembenaran oleh kelahiran'?" Tidak lebih daripada penghukuman Adam datang ke atas kita semua "melalui kelahiran"! Yesus mengambil semua itu ke atas diri-Nya sendiri, sehingga gelar-Nya adalah, "Juruselamat dunia" (Yoh 4:42). "Semua orang [yang] telah berbuat dosa" yang sama:"oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus" (Rom 3:23, 24). Inilah sebanya Dia mengirimkan hujan dan sinar matahari kepada orang benar maupun tidak benar. Itulah sebabnya kita hidup.
Seorang penulis yang sangat bijaksana berkata, Orang berdosa dapat melawan kasih ini, dapat menolaknya,…tetapi bila dia tidak melawan dia akan ditarik kepada Yesus, …ke kaki salib dalam pertobatan." Satu-satunya alasan mengapa Esau hilang adalah bahwa dia "memandang rendah" dan "menjual" "hak kesulungan" yang Tuhan telah berikan kepadanya (Ibr 12:16, 17). Yesus bukan hanya "ingin menjadi" Juruselamat Anda; DIA ADALAH Juruselamat Anda. Berhentilah melawan Dia.

Dari Dial Daily Bread 17 April 2003
Oleh Robert J. Wieland
Diterjemahkan oleh Danny Handoko


 

Set as your default homepage Add favorite Privacy Report Bugs 1998-2007 SEIMAN.org All Rights Reserved. MaxWebPortal Snitz Forums Go To Top Of Page