home
my seiman
bulletin
web forum
discover
bible info
ss cq
renungan
milis
online bible
uji anda
proyek
linkaran advent
album foto
about
staff only

active topics (0)
new articles (0)
private messages
my bookmarks
site statistics
pm pager
member benefits
members
search
register

Username:
Password:
Save Password

Lupa password?

registered members: 1626
active users:
0 members
12 guests
Renungan Hari Ini | Renungan Lampau | Para Penerjemah
Renungan Tanggal 5/14/2003

Salam dalam Kasih Kristus,

Ketika Perjanjian Baru berbicara tentang "daging," itu berarti sifat alamiah yang berdosa yang kita semua miliki--sumber dari pencobaan-pencobaan kita. Bukanlah dunia di luar kita yang mencobai kita--melainkan yang berada dalam diri kita. Bila Anda hidup sebagai seorang pertapa di tengah gurun, "daging" dari dalam akan tetap mencobai kita.

Paulus menjelaskan satu-satunya cara hal itu bisa ditangani: "Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya" (Gal 5:24). Jutaan yang ingin tahu bagaimana mereka bisa melakukannya.
Paulus berdoa bagi ktia dalam Efesus 3:14-21, bukan supaya kita MELAKUKAN satu perbuatan yang mengagumkan, tetapi supaya kita dapat MELIHAT sesuatu yang mengagumkan: "supaya kamu… dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih [agape] Kristus" yang tentu saja ditunjukkan hanya di atas salib-Nya. Bila seorang malaikat telah merekam dengan video peristiwa penyaliban, itu mungkin memenuhi teater-teater, tetapi itu tidak akan menolong; kita "melihat"nya, "memahami"nya, dengan mata iman. Itu memerlukan "jam renungan."
Dengan berlutut, sendirian dengan Bapa Anda di sorga. Dengan Alkitab terbuka di hadapan Anda. "Lihatlah" salib itu di dalamnya. Mazmur 22 diletakkan di sana untuk maksud ini; demikian juga Mazmur 69. Ya, Daud menulis keduanya, tetapi itu adalah Yesus sendiri berbicara dari salib-Nya! Bacalah mereka dalam beberapa terjemahan, bila Anda bisa. Bacalah dengan perlahan, jangan teruburu-buru dalam ketidaksabaran. Tuhan mengilhami keduanya supaya Anda dapat mengidentifikasikan diri dengan Juruselamat Anda, dan mulai merasakan dimensi yang agung dari kasih yang tidak seorang pengkhotbah pun dapat menggambarkannya dengan pantas. Itu lebih baik dari film atau video manapun (bagaimanapun juga, film dan video biasanya menyelewengkan kebenaran).
"Pahamilah" apa yang terjadi di sana, "lihatlah" itu, dan Galatia 6:14 akan menjadi hidup bagi Anda. "Tetapi aku sekali-kali tidak mau bermegah, selain dalam salib Tuhan kita Yesus Kristus, sebab olehnya dunia telah disalibkan bagiku dan aku [disalibkan] bagi dunia."
Bagaimana itu bekerja? "Aku telah disalibkan dengan Kristus…" (Gal 2:20; "diri sendiri"). "Dunia" tidak akan memiliki pengaruh yang lebih besar atas diri Anda sekarang daripada atas pencuri yang bertobat yang juga telah disalibkan bersama dengan Dia. Dan Anda akan berbagi apa yang telah dimilikinya--dia adalah orang yang paling bahagia yang pernah hidup, karena dia mendengar kata-kata ini, "engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus." "Di dalam Kristus," Anda akan menguasai daging, Anda adalah bossnya. Seperti Dia, Anda "menjatuhkan hukuman atas dosa di dalam daging" (Rom 8: 3, 4). Peganglah kendali; pilihlah. Selamat datang ke dalam sukacita!

Dari Dial Daily Bread 30 April 2003
Oleh Robert J. Wieland
Diterjemahkan oleh Danny Handoko


 

Set as your default homepage Add favorite Privacy Report Bugs 1998-2007 SEIMAN.org All Rights Reserved. MaxWebPortal Snitz Forums Go To Top Of Page