home
my seiman
bulletin
web forum
discover
bible info
ss cq
renungan
milis
online bible
uji anda
proyek
linkaran advent
album foto
about
staff only

active topics (0)
new articles (0)
private messages
my bookmarks
site statistics
pm pager
member benefits
members
search
register

Username:
Password:
Save Password

Lupa password?

registered members: 1626
active users:
0 members
6 guests
Renungan Hari Ini | Renungan Lampau | Para Penerjemah
Renungan Tanggal 6/25/2003

Salam dalam Kasih Kristus,

Bila Anda menemukan buku harian seseorang (yang anonim), dan Anda ingin mengembalikannya, Anda akan mencari petunjuk yang mungkin dapat membantu Anda, detil-detil kecil yang mungkin dapat menyempitkan pencarian Anda untuk mengenali pengarangnya.

Baiklah, kita memiliki satu "buku harian" di dalam Alkitab yang tampaknya pengarangnya tidak dikenal (anonim). Isinya sangat pribadi, mengungkapkan rahasia-rahasia yang orang biasanya tidak bukakan kepada sembarang orang, seperti peperangan rahasia melawan pencobaan, atau keputusasaan dan perasaan tertekan di tengah malam atau kecemasan yang membangunkan Anda sebelum matahari terbit. Catatan ini tampaknya ditulis oleh seseorang yang sangat istimewa.

(1) satu petunjuk mengungkapkannya sebagai seorang remaja (ayat 9): "Dengan apakah seorang muda (na'hor) mempertahankan kelakuannya bersih?" "Seorang "na'hor' adalah seseorang yang berada di antara usia bayi dan pemuda," kata lexicon Strong, yang cukup mempersempit petunjuk kita kepada seorang remaja.
(2) Petunjuk lain: remaja ini, siapapun dia, "lebih berakal budi" dari semua profesor Universitas di zamannya (ayat 99).
(3) Petunjuk lain: dia bahkan tahu lebih banyak daripada Mahkamah Agung pada zamannya (ayat 100).
(4) Lebih jauh, dia mengatakan pada kita bahwa dia belum pernah menginjakkan kakinya pada jalan yang memimpin kepada dosa (ayat 101). Saya tidak tahu siapapun yang dapat berkata seperti itu kecuali Satu orang.
(5) Dia bukan orang biasa sebagai seorang anak laki-laki karena "pemuka-pemuka duduk bersepakat melawan aku" (ayat 23). Dia kelihatannya memiliki suatu hal yang membuat "pemuka-pemuka" semua bangkit melawan dia (ayat 161).
(6) Walaupun dia masih muda, dia sering kali "tertindas" (ayat 67, 75, 107). Anak laki-laki biasanya tidak menangis pada usia semuda itu, tetapi dia ini menangis--seperti sungai (ayat 136, 145). Yang tentulah berarti--dia adalah sangat manusia, di samping juga sesuatu yang lain sebagaimana dia adanya.
(7) Bukannya atlit yang menawan, dia mengatakan bahwa dia "kecil dan hina" (ayat 141).

Mereka yang mengasihi kebenaran tampaknya tertarik kepadanya (ayat 63), jadi dia tidak pernah sungguh-sungguh sendirian sampai pada akhir hidupnya ketika semua orang meninggalkan dia (Yes 63:3).

Banyak artis yang telah mencoba menggambarkan Yesus sebagai seorang anak muda; adalah baik bagi jiwa Anda untuk merenungkan potret-Nya dalam Mazmur 119

Dari Dial Daily Bread 23 Juni 2003
Oleh Robert J. Wieland
Diterjemahkan oleh Danny Handoko


 

Set as your default homepage Add favorite Privacy Report Bugs 1998-2007 SEIMAN.org All Rights Reserved. MaxWebPortal Snitz Forums Go To Top Of Page