home
my seiman
bulletin
web forum
discover
bible info
ss cq
renungan
milis
online bible
uji anda
proyek
linkaran advent
album foto
about
staff only

active topics (0)
new articles (0)
private messages
my bookmarks
site statistics
pm pager
member benefits
members
search
register

Username:
Password:
Save Password

Lupa password?

registered members: 1626
active users:
0 members
5 guests
 
 All Forums
 Berita
 Communication (Leadership class)
 Printer Friendly Version  
Author Previous Topic Topic Next Topic  
ikel


Indonesia
935 Posts
141 Gold
1010 Rep. Points
Posted - 13 Mar 2007 :  08:05:37  Show Profile  Send ikel a Yahoo! Message  Reply with Quote Send a private message to ikel
Communication

(Leadership class)

Komunikasi ialah interaksi antara 2 pribadi atau lebih dan menandakan adanya kasih.

80% dari orang gagal dalam pekerjaan karena tidak bisa berkomunikasi. Orang yang pandai berbicara belum tentu pandai berkomunikasi.


Penghalang komunikasi:

Mengevaluasi negative tentang sikap dan tindakan orang lain; Sebutan; menganalisa orang lain; mengancam; mendesak orang lain bertindak; pertanyaan yang berlebihan; menasehati; Pujian yang berlebihan; Memutus pembicaraan; argumentasi; meyakinkan, mencoba menghentikan perasaan sedih orang.

Ini semua menimbulkan rasa marah, tidak enak, cenderung merendahkan jati diri orang dan meremehkan, penghalang ini dipakai sampai 90% dalam komunikasi.

2 Bagian penting dalam komunikasi:

Mendengar (listening) dan assertion, keduanya seperti yin-yang, symbol kesempurnaan.

Listening

Kira-kira 70% dari waktu sadar kita dipakai untuk berkomunikasi. Menulis 9%, membaca 16%, berbicara 30%, mendengar 45% (Survey membuktikan waktu terbesar, listening)

Yak.1:19: Hendaklah kamu cepat mendengar dan lambat berkata-kata.

Persahabatan, kesatuan keluarga, keeffektifan pekerjaan sangat bergantung pada kemampuan mendengar. Penelitian berkata, 75% pembicaraan diabaikan dan dilupakan.

Mengapa kita tidak bisa menjadi pendengar yang baik?

Karena sejak kecil tidak dilatih menjadi penddengar, tetapi dilatih buang air besar dan kecil (Therapist Franklin Ernst). Orang tua sering berkata, Kita tidak mau mendengar kata itu dalam keluarga! Jangan pedulikan! Jangan dianggap serius! Orang tua dan guru biasanya dominant berbicara dan disekolah hanya dilatih membaca.

Perbedaan listening dan hearing

Hearing: proses physiology, sensori suara ditelinga menangkap sensasi bunyi, lalu disalurkan ke otak

Litening: proses psychology, menginterpretasi dan mengerti proses sensory tadi.

Listen berasal dari Anglo Saxon, hlystan, berarti mendengar dan hlosnian, menanti atau menunggu dengan tegang. Keluhan anak remaja, biasanya: My friends listen to what I say, but my parents only hear me talk

Komunikasi: verbal dan nonverbal (85% dari komunikasi, listening dan body language).

Listening skill:

a) Attending skill (sikap hadir):

A posture of involvement

Appropriate Body motion

Eye contact

Non distracting environment

b) Following skills:

door opener

minimal encourages

infrequent questions

attentive silence

c) Reflecting skills:

paraphrasing

reflecting feelings

reflecting meanings

summative reflections


I. Assertion

Expert mengatakan hanya 5% orang yang bisa berbicara secara assertive. Setiap individu memiliki personal space (physical psychological dan values), assertion melindungi personal space ini. Orang terkenal memiliki space yang lebih luas.

Ada 3 cara orang untuk melindungi personal space:

Submissive behaviour
Orang yang kurang bisa menyatakan kebutuhan, perasaan, nilai dan pemikiran sendiri, membiarkan orang lain meremehkan hak dan kebutuhannya, biasanya suka tersenyum.

Contoh: Jika musik mengganggu student belajar, 80% tidak berani menegur, 15% meminta musik dikecilkan, bila diremehkan tidak berani mengulangi meminta. Hanya 5% yang berani meminta sampai musik dikecilkan. Banyak orang hidup dengan submissive.

Aggressive behavior
Orang yang selalu merasa benar, tidak mau mendengar,menyatakan perasaan, kemauan dengan suara keras, marah dan menyakiti orang lain, memaksakan kemauannya dituruti.

Assertive behavior
Orang yang bisa mempertahankan haknya dan menghargai hak orang lain, ada self respect, tidak menguasai dan menyakiti orang. Terbuka untuk negotiate compromise.

Submissive behavior, akibatnya:

Tidak berani mengambil keputusan, bahasa yang dipakai terserah, menghidari konflik, mempertahankan rasa nyaman, butuh pengakuan orang lain, takut disalahkan. Wanita yang submissive memakai air mata untuk mengontrol orang lain.

Tidak bisa hidup seperti yang diinginkan, karena menuruti kemauan orang lain

Tidak ada hubungan baik, tidak bisa mengasihi, karena lama kelamaan menjadi kesal, akhirnya menghindar atau memutuskan hubungannya.

George Bernard mengatakan :Kalau kamu mengorbankan dirimu pada orang yang kau kasihi, akhirnya kamu akan membenci orang itu

Perasaan negatif yang ditekan ,bisa menjadi penyakit (sakit kepala, sakit punggung)

Aggressive behavior

Keuntungannya:

Mendapatkan apa yang diinginkannya., bisa menjaga spacenya, bisa menang dan survive dalam kehidupan, berkuasa dan dihargai oleh orang-orang yang agresif.

Kerugiannya:

Orang yang agresif berusaha menutupi kelemahan dan rasa takutnya

Merusak relasi, karena orang akan melawan, menutupi kesalahan, berbohong, mencari teman untuk menyerang kembali (Haman), menjadi terasing

Biasa emosi dan tidak bisa menguasainya, dikendalikan oleh keadaan

Kita memakai orang dan menyayangi barang (seharusnya sebaliknya).

Menciptakan lingkungan yang tidak nyaman bagi orang sekitarnya (ayah yang agresif)

Assertive, keuntungannya

Bisa mengasihi diri dan jati diri baik, karena bisa menjaga personal space

Bisa bersahabat dengan baik. Dalam pernikahan hubungan intim dan sehat.

Tegas, bisa mengambil keputusan, tetapi relax

Harga yang harus dibayar untuk menjadi assertif

Rasa tidak enak waktu berterus terang, butuh kemauan keras dan pergumulan, serta berani mengambil resiko.

Sulit untuk dilakukan, sulit melepaskan kebiasaan submissive dan agressif.

Ada kalanya bisa gagal, malah dimusuhi atau dipecat dari pekerjaan.

Ada kalanya kita harus submissive (mengalah) atau terpaksa agressif, tetapi sikap assertif adalah sikap yang paling tepat pada umumnya.

Mengembangkan assertion message

Setiap mahluk memiliki cara untuk mempertahankan hidupnya, fight or flight, Manusia dengan cara submissive atau aggressive, tetapi assertive adalah cara yang terbaik untuk menyelesaikan perbedaan. Assertion ditandai dengan ketegasan tanpa rasa mau menang.

Kalau kita ingin merubah tindakan orang yang melanggar space kita, maka metode yang kita pakai harus memenuhi criteria ini:

Kemungkinan besar orang itu akan berubah
Tidak merendahkan harga diri orang (kita tidak bisa mengkontrol reaksi orang terhadap ucapan kita, tetapi kita bisa mendisiplin diri dengan tidak menyalahkan orang lain, tidak meremehkan atau membalas kata-kata kotor)
Jangan sampai merusak hubungan. Dalam hubungan yang sudah rapuh assertion bisa meretakkan hubungan, tetapi lebih berbahaya dengan submission.
Dalam hubungan yang sehat assertion mempererat hubungan.
Jangan sampai menambah defensive, terutama bila orang itu dalam stress.

Cara menyampaikan kata assertive :

perspective dari situasi I think Bila kamu terlambat datang

+

feeling I feel Aku merasa stress

+

want I want aku mau lain kali jangan terlambat

Seringkali masalah besar berasal dari masalah masalah kecil yang sudah lama. Oleh sebab itu masalah yang kecil harus diselesaikan dengan cara assertive.

Negotiation

Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari negosiasi atau tawar- menawar.

Negosiasi adalah suatu proses dimana orang-orang dengan kebutuhan yang berlawanan bisa mencapai persetujuan yang fair,tanpa saling merugikan.

4 Tahap dalam negosiasi:

1. Tahap persiapan:

Sebelum bertemu dengan pihak lawan, harus tahu jelas apa keinginan kita dan hasil yang masih bisa diterima, walaupun kurang memuaskan. Oleh sebab itu perlu mengumpulkan informasi sebanyak mungkin dan membuat perencanaan, supaya kalau pihak lain memberi proposal lain kita tahu bagaimana menghadapinya.

2. Diskusi

Anda dan pihak lawan saling mengutarakan fakta dan situasinya, perasaan dan pemikiran masing-masing. Ini sangat penting sebab bisa mendapat banyak informasi dan interest serta pandangan pihak lain.

3. Tahap mengajukan proposal (bisa berulang-ulang).

4. Persetujuan / tidak setuju

Bila belum ada persetujuan maka kembali ke prosese diskusi atau bila perlu persiapan ulang. Bila tidak ada persetujuan tidak berarti harus berhenti negosiasi.

Sikap seseorang terhadap konflik menentukan keberhasilannya dalam negosiasi.

Orang yang lembut dan mengalah, biasanya mempercayai semua orang, akhirnya membali barang kemahalan atau membeli sesuatu yang tidak diperlukan. Sedangkan orang yang keras kepala, mendapatkan suatu yang diinginkannya atau mendapat dengan harga murah tetapi mendapat musuh seumur hidup.

Syarat untuk bernegosiasi:

1. Pisahkan pribadi dengan masalahnya

Dalam negosiasi jangan mengidentifikasikan diri dengan posisi, sehingga bila posisi diattact maka merasa harga diri terluka.

Contoh: student yang menyewa apartment, mengancam lenlord mau pindah bila tempat tidak segera diperbaiki.

2. Bisa mengerti orang lain

Empathy, active listening dan honest self-expression, sangat penting untuk negosiasi.

Conflict Management Skill

Manusia dan konflik tidak dapat dipisahkan.

Konflik seringkali menjadi perusak atau pemutus relasi, konflik bisa berlarut terus, walaupun penyebab utamanya sudah tidak jelas atau dilupakan.

Sebaliknya manusia tidak bisa mempunyai hubungan yang intim tanpa melalui konflik., cinta dan konflik tidak bisa dipisahkan.

Pernah dilakukan percobaan, induk monyet yang membesarkan anaknya tanpa konflik, hubungan diantara anaknya tidak bisa erat dan saling mengasihi, sebaliknya burung yang sering kali agresif satu sama lain, malah bisa menjadi kelompok yang sangat erat.

Anak-anak yang dibesarkan dalam keluarga yang bebas mengekspresikan perasaannya, justru memiliki jati diri yang tinggi.

Konflik menghilangkan stagnasi, membangkitan rasa ingin tahu, pengamatan dan ingatan, dengan demikian membangun kreatifitas, pertumbuhan, mendobrak kepasifan dan ketidak sungguhan.

2 macam Konflik

Konflik yang realistik, adanya perbedaan kebutuhan, nilai, goal dan interes

Konflik yang tidak realistic, berasal dari tradisi nenek moyang atau sejarah, penyebab tidak jelas, atau karena competisi.

Contoh:

Percobaan antara 2 group anak laki usia 11-12 thn disuatu tempat camp pada tahun 1954

1. dibangun rasa kebersamaan pada masing-masing group dengan memasak bersama, berenang dan olah raga bersama.

2. pertandingan diantara 2 grup, terjadi konflik, saling mengejek dan bermusuhan

3. diadakan nonton film dan makan bersama kedua grup, tetapi tetap bermusuhan

4. Akhirnya saluran air ditempat camp sengaja dirusak, conflik berakhir, sebab dengan goal yang sama yaitu memperbaiki saluran air, membuat kedua grup bekerja sama. Akhirnya persahabatan terjalin kembali, mereka pulang dengan bus yang sama.

Keadaan tertentu bisa menyebabkan atau menghilangkan konflik

Suku aatau bangsa tertentu lebiha banyak konflik dari pada yang lain.

Koflik resolution

Hal penting dalam konflik management, ialah mengatasi emosi.

Sewaktu perasaan seperti rasa takut, marah, defensive masih mengganggu, maka kita tidak bisa diskusi dengan jujur, terbuka dan kasih, oleh sebab itu berdiskusi setelah emosi reda dan bisa berpikir dengan baik.


Konflik resolution dibutuhkanassertive communication dan mengekspreikan perasaan.

Langkah ke 1:Persiapan

Perhatikan timing yang tepat (tidak tergesa), tidak emosional, melihat kondisi pihak lain (baru bercerai, sakit dsb), jangan membawa pihak ke 3, kecuali bersangkutan, tempat jauh dari gangguan TV, telpon, tidak ditempat yang hanya dikenal satu pihak.

Langkah ke 2 : respek

perlakukan orang dengan respek, cara kita memandang, nada pembicaraan, cara memakai kata-kata, itu semua menunjukkan rasa respek.

Dengan adanya perbedaan (pendapat, nilai, kepercayaan dan kebutuhan), menimbulkan rasa tidak respek satu sama lain.

Langkah ke 3: listen sampai mengerti pihak lain

Listen, memberi kesempatan pihak lain mengutarakan pendapat dan perasaannya, karena koflik terjadi akibat salah pengertian. Pendengar yang baik berusaha mengerti pendapat dan perasaan orang lain.

Kalau pihak lawan mencoba untuk menyakiti, tetapi bila kita bisa menahan rasa marah, tidak membalas, maka dengan sendirinya kemarahan orang itu akan mereda.

Langkah ke 4: mengutarakan pandangan atau pendapat dengan singkat

Setelah kita berlaku dengan respek dan listen, sampai kita bisa mengerti perasaan dan keinginan pihak lain, maka giliran kita menyampaikan pendapat dengan singkat dan jelas, serta meyatakan perasaan dengan cara assertive.

Biasanya bila orang marah, diperlakukan dengan respek dan mau listen, maka kemarahannya bisa reda, mungkin tidak perlu langkah ke 4 ini.

Belajar dari setiap konflik yang kita hadapi:

Pelajaran apa yang kita dapat, mengapa bisa terjadi, seberapa menyakiti orang, apakah ada keterbukaan.

Apakah dengan ini masing-masing bisa berubah dan memiliki pandangan baru

Apakah dengan ini bisa mengenal strategy orang dalam konflik

Apakah kita menjadi semakin dekat atau jauh akibat konflik ini

Dalam kehidupan manusia ada 3 jenis konflik:

1. Konflik emosi, perbedaan emosional manusia tidak bisa dihindarkan dan konflik ini bisa diselesaikan dengan conflict resolution methode

2. Konflik tentang value atau nilai, biasanya tidak bisa diselesaikan

3. Konflik akan kebutuhan yang berbeda, dalam hal ini dibutuhkan collaborative problem solving.

Collaborative problem solving

1. Deniel (menyangkal)

Biasanya orang yang takut menghadapi konflik, menyangkal adanya masalah perbedaan kebutuhan (needs) dan menekan dibawah kesadaran, bersikap seolah olah semuanya beres (pretending). Orang yang maunya damai. Berakibat sakit jasmani dan stress.

2. Avoidance (menarik diri)

Mengetahui ada masalah, berusaha menghindari atau menarik diri bila keadaan mendesak.

Premature forgiveness, cepat berkata, Im sorry!, sebelum menyelesaikan rasa marah dan sakit hati. Orang ddemikian tidak menghargai hubungan baik. Akibatnya hubunan jadi renggang dan dingin atau perasaan marah yang dipendam suatu saat bisa meledak.

3. Capitulation (menyetujui atau ikut saja)

Bila berhadapan dengan kebutuhan orang lain yang bertentangan dengan kebutuhan sendiri, hanya ikut saja atau menyetujui. Orang yang ikut saja atau setuju terus dengan seseorang, akan menyimpan rasa marah terhadap orang itu.

Orang tua yang mendidik anak dengan cara ini namanya permissive (serba boleh).

Kombinasi dari ketiga jenis problem solving ini disebut submissive

4. Domination (memaksakan)

Memaksakan kebutuhan sendiri, tidak mempedulikan kebutuhan orang lain, akibatnya merusak hubungan baik. Umumnya orang yang agresif, mendominasi dalam konflik.

Kebanyakan orang yang kurang assertive, cenderung menggunakan capitulation bila dalam posisi tidak ada power, tetapi sebaliknya ia bersifat dominant bila menjadi figure otoritas.

Orang tua yang dalam pergaulan submissive, biasanya mendominasi anak.

Orang yang dominant atau otoriter waktu dalam posisi otoritas, biasanya akibat rasa marah dimasa lalu (akibat didominasi, bersifat setuju saja) dan harus menghadapi rasa marah orang yang didominasi.

Effek negatifnya, orang akan mengadakan sabotage, menghindari atau menjaga jarak.

Bila menggunakan capitulation dan domination, yang satu untung dan yang lain rugi.

Deniel and avoidance menggambarkan strategy win/lose karena ada yang kalah juga.

Keempat problem solving diatas bila digunakan secara bergantian terus menerus bisa disebut situasi lose/lose, setiap pihak ada yang dirugikan, sebab hubungan baik rusak.

5. Compromise

Artinya mencapai persetujuan dengan saling mengalah, masing masing mengorbankan kebutuhannya. (contoh: Salomon dengan 2 wanita dan 1 bayi).

Dalam suatu pernikahan umumnya konflik diakhiri dengan compromise, ada pihak yang kebutuhannya tidak terpuaskan, ini hanya untuk berdamai yang bersifat sementara saja, akibatnya setelah bertahun tahun berakhir dengan perceraian.

Dengan compromise kedua belah pihak tidak terpuaskan kebutuhan dan keinginannya, berarti mini lose/mini lose. Pada dasarnya compromise itu tidak baik.

Pada dasarnya dalam konflik akan kebutuhan sebaiknya kedua pihak duduk bersama mencari alternative solusi yang bisa diterima keduanya, tanpa merugikan atau menguntungkan salah satu pihak.

Jangan hanya focus pada solusinya, tetapi focus pada masalahnya atau kebutuhannya, baru mencari alternative solusinya. Ini yang dinamakan win/win strategy.

Contoh:

2 orang dalam satu ruangan kecil di Library, yang satu mau jendelanya dibuka yang lain mau jendelanya ditutup

6 Langkah menghadapi konflik:

a) Mendefinisikan masalah berdasarkan kebutuhan, bukan solusi.

b) Sebutkan semua kemungkinan solusi atau jalan keluar tanpa mengevaluasinya

c) Pilih satu atau beberapa solusi yang memenuhi kebutuhan kedua pihak

d) Membuat rencana siapa melakukan apa, kapan dan dimana

e) Bertindak sesuai rencana

f) Mengevaluasi, Apa yang paling disukai masing-masing

Apa yang paling tidak disukai

Apa yang bisa diperbaiki lain kali

Romantis-Humoris-Ngegemasin-Disukai Pria dan Wanita

Lenny Marbun


USA
580 Posts
106 Gold
585 Rep. Points
Posted - 14 Mar 2007 :  02:31:57  Show Profile  Reply with Quote Send a private message to Lenny Marbun
Terima kasih Ikel atas artikelnya. Say puji Tuhan Ia memberikan kemampuan kepada saya dimana saya sekarang bisa menjadi pendengar yang baik, cepat mengatakan "maaf" kalau orang itu saya bikin tersinggung. Saya sudah mulai bisa untuk menunggu waktu yang tepat untuk berbicara. Semua ini oleh karena kasih karunia Tuhan dimana saya mau juga menjadi seperti Yesus.

Marilah kita hidupkan sifat mengalah dan bisa menjadi pendengar yang baik dan suka mengatakan maaf.

Lenny MarbunGo to Top of Page

jono_marpaung


Indonesia
533 Posts
104 Gold
538 Rep. Points
Posted - 14 Mar 2007 :  15:38:19  Show Profile  Reply with Quote Send a private message to jono_marpaung
Ok.

*****Sebelum tidur, bertanyalah, kebaikan apa yang sudah
kulakukan hari ini ?*****

Go to Top of Page

ikel


Indonesia
935 Posts
141 Gold
1010 Rep. Points
Posted - 15 Mar 2007 :  06:40:36  Show Profile  Send ikel a Yahoo! Message  Reply with Quote Send a private message to ikel
lebih baik banyak mendengar daripada berkata-kata...

Romantis-Humoris-Ngegemasin-Disukai Pria dan WanitaGo to Top of Page

mawasimbol


Indonesia
584 Posts
108 Gold
589 Rep. Points
Posted - 15 Mar 2007 :  12:10:46  Show Profile  Reply with Quote Send a private message to mawasimbol
Saya sih lebih suka klo dua2nya diseimbangkan porsinya, 50:50. Yg penting kita bisa tempatkan dengan baik.

Go to Top of Page

Lenny Marbun


USA
580 Posts
106 Gold
585 Rep. Points
Posted - 16 Mar 2007 :  01:42:38  Show Profile  Reply with Quote Send a private message to Lenny Marbun
quote:

Ok.

*****Sebelum tidur, bertanyalah, kebaikan apa yang sudah
kulakukan hari ini ?*****



Mahal amat bahasanya Jono, cuma 2 huruf.

Lenny MarbunGo to Top of Page

mawasimbol


Indonesia
584 Posts
108 Gold
589 Rep. Points
Posted - 16 Mar 2007 :  07:43:12  Show Profile  Reply with Quote Send a private message to mawasimbol
Info di pa.org dia sedang sibuk karena jadi salah satu panitia pertemuan PA se-DKI Jakarta 16-18 Maret 2007 di Cipanas.

Sukses ya. Bagi2 infonya ya plus foto2nya. Pasti asyik!!

Go to Top of Page

ikel


Indonesia
935 Posts
141 Gold
1010 Rep. Points
Posted - 28 Mar 2007 :  06:40:34  Show Profile  Send ikel a Yahoo! Message  Reply with Quote Send a private message to ikel
oooohh...jadi jono sibuk offline, sementara kita sibuk online....heheheh

Romantis-Humoris-Ngegemasin-Disukai Pria dan WanitaGo to Top of Page

jono_marpaung


Indonesia
533 Posts
104 Gold
538 Rep. Points
Posted - 17 Apr 2007 :  16:10:38  Show Profile  Reply with Quote Send a private message to jono_marpaung
hehee

Kembali nih


agak sibuk sih , tapiiiiiiiiii dikit hehehe


*****Sebelum tidur, bertanyalah, kebaikan apa yang sudah
kulakukan hari ini ?*****

Go to Top of Page

mawasimbol


Indonesia
584 Posts
108 Gold
589 Rep. Points
Posted - 25 May 2007 :  09:37:09  Show Profile  Reply with Quote Send a private message to mawasimbol
Sibuknya udah donk Jono... sepi banget neh di sini. Rasanya seperti sedang melewati daerah pekuburan. Hiii....5x.

Go to Top of Page

ikel


Indonesia
935 Posts
141 Gold
1010 Rep. Points
Posted - 05 Jun 2007 :  08:29:23  Show Profile  Send ikel a Yahoo! Message  Reply with Quote Send a private message to ikel
ayo dong jon....bagaimana perkembangan? ktnya mau buat situs baru...udah gimana?

Romantis-Humoris-Ngegemasin-Disukai Pria dan WanitaGo to Top of Page

   
Jump To:

Set as your default homepage Add favorite Privacy Report Bugs 1998-2007 SEIMAN.org All Rights Reserved. MaxWebPortal Snitz Forums Go To Top Of Page